Kuliner · Serba Serbi

Kolak Ungu Antimainstream 

Kemaren dirumah ada pisang dan ubi jalar (rambat) ungu. Mau dibikin gorengan, pisangnya belum terlalu mateng. Jadinya kepikiran bikin kolak. Berhubung Medan saat itu dilanda cuaca panas, bayanginnya ini kolak bakalan dimakan pake es batu. 

Jadilah malam itu utek-utek di dapur. Catet ya, malem 😀. Bahannya ya sama seperti kolak pada umumnya. Bedanya, ini ngga pake gula merah. Karna memang mau ambil warna ungunya. Ini pula yang paling penting. Kan biar unyu-unyu 😌. Kalo kolak warna coklat udah biasa ya kan. 

Bahan-bahan:

1. Pisang dan ubi (karna cuma ini yang ada) 😅

2. Gula pasir 

3. Santan

4. Garam  

Kalo mau lebih lengkap lagi bisa tambah kolang-kaling dan pepaya plus supaya aromanya lebih berasa, harusnya dikasi cengkeh dan daun pandan. Tapi karna saat itu lagi males ke warung, jadi pake rempah-rempah yang sangat seadanya itu.  

Cara memasak: Potong pisang dan ubi sesuai selera. Kemudian rebus santan dan masukkan gula garam (sesuai selera). Masukkan pisang dan ubi tunggu sampe mendidih. Saat yang sama warna ungu dari ubinya pun mulai keluar. Sungguh memesona, haha 

Jadi lah, kolak pisang ubi ungu. Disajikan dengan beberapa potong es batu, eh seger dimakan malam itu juga sambil nonton drama korea. Iseng-iseng bikin nama kebarat-kebaratannya kira-kira menjadi…. Cara mbacanya kek chef Farah Queen itu yaa –  this is it  “Banana and purple sweet potato with coconut milk sauce and ice“. Eaaaaa…. Ngawur!   😛

Keknya kalo tambah durian enak juga itu… 

Oya tambah pulut itemnya lagi….

Hahahhaa

I Love purple

20 thoughts on “Kolak Ungu Antimainstream 

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.